Maju Bersama Masa Depan Siswa

Latar Belakang

Latar Belakang Penyebaran Tes Inteligensi

Secara umum inteligensi itu pada hakikatnya adalah merupakan suatu kemampuan umum untuk memperoleh sesuatu kecakapan yang mengandung berbagai komponen. Kemampuan individu biasanya dipergunakan instrumen tes inteligensi. Tes Inteligensi sebagai suatu instrumen tes psikologi dapat menyajikan fungsi-fungsi tertentu. Tes inteligensi dapat memberikan data untuk membantu peserta didik dalam menigkatkan pemahaman diri (self-understanding),penilaian diri (self-evaluation), dan penerimaan diri (self-acceptance). Juga hasil pengukuran dengan menggunakan tes inteligensi dapat digunakan peserta didik untuk meningkatkan persepsi dirinya secara maksimal dan mengembangkan ekplorasi dalam beberapa bidang tertentu.

Tujuan Pengukuran Inteligensi

Secara umum pengukuran inteligensi yaitu: 
1. Membantu siswa untuk memahami dirinya, sehingga para siswa mampu mengambil keputusan, perencanaan, dan pemecahan masalah secara arif dan bijaksana. 
2. Membantu Kepala Sekolah, Guru mata pelajaran, guru pembimbing, dan orang tua siswa agar mereka mengerti dan memahami anak didiknya sehingga mereka dapat menyediakan lingkungan yang memadai dan dibutuhkan anak.

Secara lebih khusus, pengukuran inteligensi bertujuan yaitu :
1. Secara kelompok hasil tes inteligensi dapat dipakai sebagai tes seleksi penerimaan siswa baru.
2. Hasil tes inteligensi dapat dipakai sebagai dasar penggolongan kelas secara homogin.
3. Hasil tes inteligensi disambungkan untuk bimbingan belajar. Dar hasil tes inteligensi dapat diidentifikasikan anak yang lambat belajar dan bodoh
4. Hasil tes inteligensi dapat berguna untuk menentukan siswa yang mengalami kesukaran dalam belajar.
5. Hasil tes inteligensi dapat disambungkan pada program pemilihan jurusan dan study sambungan.
6. Hasil test inteligensi sangat berguna untuk mengidentifikasi anak yang cerdas dan superior.
7. Apabila hasil tes inteligensi ini dilengkapi dengan data-data hasil tes kepribadian prestasi, bakat, minat dan hasil tes lain Maka semua data yang terpadu ini sangat berguna bagi kepala sekolah, guru, orang tua untuk lebih memahami anak didiknya dan mereka dapat menyediakan lingkungan yang dibutuhkan anak didiknya.

Kegunaan Pengukuran Inteligensi

Kegunaan dari pengukuran inteligensi ini diantaranya
1. Untuk melengkapi data yang sudah ada.
2. Untuk mengenal taraf inteligensi masing-masing individu siswa dan memprediksi tingkat kesulitan belajarnya.
3. Untuk bahan pemberian informasi secara individual pada siswa.
4. Untuk mendalami masalah individu maupun kelompok.

TINJAUAN RINGKASAN TENTANG INSTRUMEN TES INTELIGENSI
Instrumen tes inteligensi yang dipergunakan disini ialah tes inteligensi non-verbal. Tes inteligensi non-verbal ini adalah dari Tes Standard Progresive Matric (SPM) yang dikembangkan oleh John. C. Raven, yang disusun atas dasar teori fagtor "g" dari spearmen untuk mengungkap tentang kemampuan intelektual (Inteligensi Umum) individu